iPhone-graphy: Application

Karena tertunda cukup lama, akhirnya bisa meneruskan bagian kedua dari artikel tentang iPhonegraphy. Part 1, telah dibahas mengenai perangkat-perangkat tambahan apa saja yang tersedia untuk meningkatkan kemampuan kamera iPhone anda. Kali ini, saya akan berbagi, aplikasi-aplikasi apa saja yang ter-install pada iPhone saya yang dapat meningkatkan gambar yang telah diambil dari kamera standar. Ada 4 aplikasi yang sering saya pakai dalam mengolah foto di iPhone.

01. Camera+

Aplikasi third-party ini sangat membantu sekali dalam mengambil gambar. Kelebihannya dibanding kamera standar adalah pada Camera+, kita dapat mengatur titik fokus dan juga titik exposure secara manual. Dengan bantuan titik exposure tersebut, kita dapat menentukan daerah-daerah untuk meletakkan titik cahaya. Sangat membantu ketika objek berada di posisi tidak kena cahaya, kita dapat memanipulasi letak cahaya tersebut, sehingga akan lebih terang dari objek aslinya.

Photo Jul 15, 12 16 47 AM

Kelebihan selanjutnya adalah dapat secara langsung memberikan filter, seperti pada Instagram. Bedanya adalah ada preset-preset yang siap pakai, yang sudah diatur sesuai tema, misal tema Food, Scenery, Beach, Concert, Sunset dan lain sebagainya. Lalu, mengatur clarity suatu gambar agar lebih tajam, ini merupakan fitur favorit daripada Camera+ ini. Fungsi standar editing lainnya pun ada, seperti crop, brightness contrast, temperature, saturation, blur dan masih banyak lagi.

02. Snapseed

Aplikasi ini dulunya berbayar, namun setelah diakuisisi Google, aplikasi ini menjadi gratis. Aplikasi ini sangat powerfull, seperti Adobe Photoshop versi Lite untuk Mobile device. Fitur lainnya adalah menu HDR untuk semakin mempertajam gambar landscape anda, Lalu dapat pula menambahkan tekstur vintage atau drama.

Photo Jul 15, 12 18 04 AM

03. Line Camera

Aplikasi yang sangat simpel dan gratis ini sangat berguna ketika anda ingin membuat sebuah kolase dari beberapa gambar. Biasanya sebelum posting di Instagram atau media sosial, ada banyak momen yang ingin disusun menjadi sebuah kolase. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang tepat. Terdiri minimal 2 sampai 8 gambar dapat dibuat kolase dengan aplikasi ini. Yang menjadi kelebihan Line Camera adalah fitur tambahan yang tidak didapatkan dari aplikasi kolase lainnya, seperti mengubah warna, mengubah bentuk partisi kolase, mengubah warna dan beberapa properti lainnya.

04. Label Box

Aplikasi ini berfungsi sebagai pengganti watermark. Jika kurang puas dengan bentuk text biasa, atau tidak memiliki gambar watermark sendiri, kita dapat menggunakan Label Box untuk mempercepat memberikan signature pada gambar kita. Jika sudah memiliki gambar watermark sendiri, bisa menggunakan aplikasi Ezy Watermark.

One thought on “iPhone-graphy: Application

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *