iPhone-graphy: Hardware

Saya ingin mencoba share beberapa hal tentang smartphone iPhone, khususnya untuk kamera, image processing dan media lainnya. Seperti yang kita ketahui, iPhone adalah smartphone dengan kemampuan display screen dan kemampuan media yang melebihi smartphone lainnya. Ketajaman kamera dan display screennya diatas rata-rata. Saya pribadi adalah pengguna iPhone 4S, kira-kira sudah hampir 2 tahun saya menjadi pengguna smartphone ini. Namun saat ini, Apple sudah mengeluarkan device terbarunya yaitu iPhone 5S dan iPhone 5C. Tapi saya rasa, saya masih belum perlu untuk menggantinya hehe

Alasan saya menulis artikel ini adalah karena saya memiliki ketertarikan di bidang fotografi, lalu ternyata smartphone sekarang juga sudah cukup canggih dan banyak hal menarik yang bisa d explore.

Upgrade your iPhone Camera Capability

Upgrade kemampuan iPhone kita bisa dilakukan dengan 2 cara, upgrade hardware dan install software pendukung. Pada tulisan kali ini saya akan membahas tentang Hardware pendukung yang bisa digunakan terlebih dahulu.

Spesifikasi iPhone 4S standar adalah

Camera

8 megapixels

f/2.4 aperture

LED flash

Backside illumination sensor

Five-element lens

Hybrid IR filter

Display

Retina Display

3.5-inch widescreen

960×640 px resolution at 326 ppi

800:1 contrast ratio (typical)

Dulu sewaktu pertama kali membeli iPhone 4S ini, kualitas kameranya benar-benar jernih, namun saat ini terasa mulai tidak setajam dulu, mungkin pengaruh teknologi juga, tapi tetap masih bisa dibilang kualitasnya oke 😀

Hardware Extension Lens

Jadi perangkat tambahan yang akan saya perkenalkan disini adalah lensa tambahan khusus untuk iPhone. Sebenarnya saya membeli ini karena iseng dan penasaran tentang lensa iPhone ini. Berikut lensa yang saya maksud:

olloclip lens

Lensa 3-in-1 OlloClip, terdiri atas 3 lensa: Lensa Macro, Lensa Wide dan Lensa Fish-Eye. Saya membeli lensa ini di Mall Ambassador Jakarta dengan harga sekitar IDR 300ribu. Berhubung belum mampu beli lensa DSLR yang beneran, ya apa salahnya iseng beli lensa iPhone ini hehehe

Overall, hasilnya ga terlalu mengecewakan untuk harga segitu. Untuk benchmark berbagai merk iPhone Lens bisa dicek pada link ini.

Result

Hasil dibawah ini tanpa manipulasi gambar setelah dipotret, perubahan yang dilakukan hanya cropping gambar dan watermark gambar dengan GIMP.

Without Lens

without lens

Wide Lens

Dari sudut pengambilan gambar yang sama

wide lens

Fish Eye

fish eye lens

Macro Lens

macro lens

Not bad lah hehe tapi tetap masih kurang tajam jika dibandingkan dengan lensa DSLR hahaha tapi untuk mobilitas dan praktisnya, cukup direkomendasi untuk bisa menghasilkan foto yang lebih bagus lagi dengan iPhone anda.

2 thoughts on “iPhone-graphy: Hardware

  1. Pingback: iPhone-graphy: Application | ninankara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *