A Journey to Japan – Day 3: Harajuku Style

Hari ketiga dimulai dengan lebih siang. Yah cowo2 biasalah kalau kaga dibangunin ga bakal bangun, pdhl harusnya hari ini jam 7 udah bisa jalan. Rencananya mo ke taman di sekitar Yoyogi. Tapi akhirnya berangkat rada siang lagi. Sambil nunggu pada siap, as usual, sarapan wajib dulu, beli susu kotak ama roti haha udah 3 hari sarapannya sama saking ga bisa makan macem2 disana.

IMG_2630

Harajuku

Tujuan pertama kita adalah ke Garden Path, salah satu taman di daerah Harajuku, karena pada hari Sabtu biasanya ada semacam pasar kaget gitu, isinya barang bekas, barang obralan, mulai dari action figure, CD music sampe fashion, plus ada banyak street food. Saya lupa kita turun di stasiun mana, yang jelas stasiunnya deket kuil Meiji.

Street Market in Harajuku

Kalau denger kata Harajuku, pasti langsung kebayang Harajuku Style yang notabene aneh-aneh. Yup, kalau kesana style orang-orangnya emang ga lazim haha tapi mereka bangga akan style mereka walaupun dijadiin tontonan orang-orang.

Ketika sudah sampai di daerah pasar kaget, dari pintu masuknya aja udah ada foodstall jualan okonomiyaki haha menggiurkan sih, tapi di tunda dulu deh, mo liat barang-barang dulu. Kondisinya itu kayak gini, ada satu kordinator buat manage lapak per-orang, jadi tiap lapak itu punya nomor dan shiftnya masing-masing. misal shift pagi, dari pagi sampe jam 12, lalu pergi, dan datang lapak baru dari jam 12 sampe sore. Jangan bayangin lapaknya kayak di Indo, disana tiap lapak bawanya bukan pake gerobak haha tapi pake koper! Iya itu koper yang kalau kita suka pake buat travelling.

Barang dagangannya seputaran baju, celana, yah fashion gitu lah. Terus ada collectible item macam action figure, CD music, jam tangan, sepatu sampe barang2 antik. Yah, barangnya bekas sih, tapi masih bagus, dan asli sih rata2. Harganya lumayan turun dari harga pas baru. Tapi berhubung barang2 kyk gini bukan interest saya, ya saya cuma berkeliling saja nemenin temen nawar sama tanya2 harga hahaha yah lumayan lah, kalau cuma angka dalam bahasa Jepang mah udah khatam wkkwkwkw

Ada yang unik dan fenomenal disana haha ternyata ga Cuma dunia entertainmen yang punya idol atau artis, di pasar kaget ini juga ada idolnya loh xD jadi pas lapak ini buka, langsung dikerubungin orang-orang, padahal belum buka, gelar alas terpal aja belom tp udah rame. Karena penasaran, kita tunggu dulu, jualan apa sih ni lapak. Penjualnya cewe-cewe bergaya Harajuku, seumuran tante-tante kali yah ahaaha Ternyata jualan baju2 fashion gitu. Ga hanya sampe disitu yang bikin takjub, saya pun coba pindah posisi, terus ko ada pengunjung yang ngajak poto bareng penjualnya 😐 terus ada yang minta tandatangan pula. Wah ternyata lapak ini terkenal disini, udah kayak idolnya lah. Mantap!

IMG_0303Jam 12 gitu udah puas keliling, istirahat nyobain streetfood dulu. Ada sausages, ada yakitori ama okonomiyaki. Lumayan 500yen tapi dapet ayamnya 1 gede, ayamnya yang kecil. Mahal juga sih tapi ya hahaha ya namanya Jepang. Terus nyobain minuman lemonade, minuman soda gitu, macam Fanta, tapi yang unik, ada kelereng didalemnya. Sebelum di minum, kudu di teken dulu tutupnya biar kelerengnya turun.

IMG_0325

Meiji Shrine

Perjalanan lanjut, sebelum menuju Harajuku Street, kita mampir dulu ke kuil Meiji, berhubung deket stasiun, jadi sekali jalan. Tapi ga semua masuk, lagi-lagi yang masuk cuma bertiga haha soalnya jalan masuknya itu jauuh, ada 3 gerbang yang bakal dilewatin. Tapi menurut saya pribadi sih jalannya ga jauh xD terus pemandangannya bagus, sejuk banyak pohon. Lagian jauh2 sayang juga ga mampir haha.

IMG_0384Pas mau menuju gerbang kedua, ada tumpukan barel sake gede gitu sama barel Wine. Katanya pas jaman Meiji mereka mencoba belajar dari Negara barat tentang teknologi mengolah Wine yang bagus gitu. Pas udah di depan gerbang terakhir, sudah mulai masuk daerah kuilnya, sebelumnya ada semacam tempat buat bersih2 gitu, buat cuci tangan, air nya sejuk sih. Nama tempatnya Magokoro, disebutkan tempat ritual cuci tangan dan mulut sebelum berdoa, macam wudhu kalau di Islam. Masuk kuil, kebetulan lagi ada yang melaksanakan pernikahan haha lagi ada event besar rupanya. Skip, langsung masuk ke tempat jual jimat, temen mo beli katanya, macem2 jenisnya, ada yang buat victory, luck, health atau education. Kalau saya liatnya lebih cocok buat gantungan kunci khas Jepang haha atau pajangan meja belajar.

IMG_0407Terus masuk agak ke tengah, ada tempat khusus untuk menuliskan permohonan-permohonan diatas papan kayu. Kalau dibaca-baca, ada yang niat bener nulisnya, ada yang cuma becanda haha yak arena pengen ikutan, akhirnya kita bertiga patungan buat beli papan kayu, terus nulis aj asal. Ga ambil pusing lah haha udah kelar main2nya, balik lagi ke arah stasiun buat melanjutkan perjalanan. Sebelumnya mampir dulu ke toko suvenirnya, cuma beli magnet titipan temen doang.

IMG_0461Harajuku Street

Jalan bentar buat menuju Harajuku Street. Ini jalan terkenal banget, tapi ga tau terkenalnya karena apa hahaha tapi pas udah tiba di site, hmmm, gila lah, baru juga di gerbangnya udah terguncang duluan haha rameeee beud. Kepala orang doang isinya. Padahal di sisi kanan kirinya isinya ya cuma toko biasa. Terus mampir Evangelion Store dulu. Wah harganya ga terjangkau banget lah -_- tapi ya emang original sih ya. Untung bukan Evangelion freak haha Untung saya bukan tipe tukang shopping, jadi uangnya irit xD

IMG_0466Shibuya – Famous Street Crossing

Naik monorail lagi menuju Shibuya station, baru tau ternyata disini ada patungnya Hachiko, maklum belum nonton filmnya ._. liat pengunjung pada foto-foto. Yang bikin keren itu mereka mo foto aj antri, kaga rebutan kwkwkw bener2 budaya Jepang ini luar biasa.

Karena pas jam makan siang, sekalian lunch, sebelumnya nyebrang dulu, ngerasain rasanya tawuran ngelewatin perempatan shibuya yang terkenal ruwet itu haha ada yang diagonalnya gitu yang bikin ruwet. Berasa mo perang. Di Shibuya ini cocok buat shopping sih, banyak toko2 gitu, ada Disney Store kecil disini, terus toko Scandal official goods juga ada disini. UNIQLO terbesar juga katanya disini. Ini kota iconnya Itano Tomomi kayaknya haha member AKB48 juga katanya kalau jalan-jalan ya di Shibuya.

IMG_0505Niatnya habis makan mo mampir di toko merchandise idol mana gitu, lupa, tapi karena keruwetan perempatan yang tadi, akhirnya kita terpisah lagi, lagi lagi saya bersama 2 teman saya yang dulu k Maid Café bareng lagi, sisanya ntah kemana. Udah muter2 nyari mereka ga ketemu akhirnya kita bikin agenda sendiri lagi, dan…. Kalo udah bareng mereka ya udah, ujung-ujungnya ke Maid Café lagi di Shibuya -__- kali ini gw ga mau tau, Cuma mau duduk sama minum doang. Kebtulan maid cafenya beda sama yang di Akihabara, yang ini namanya Maidreamin. Kalau dari harga lebih murah sih, masuknya 500 yen. Paket-paketnya juga lebih murah. Yah harga berpengaruh kali ya, overall sih masih lebih keren yang di Home Café hahaha tapi yang ini juga lumayan, cenderung lebih sepi juga, pas kesana lagi ada event gitu, the best maid nya perform lagu2 idol gitu, terus kita dipaksa nge chant -_- yah saya melipir aja deh ga ikutan haha tapi ada sih maid yang lucu juga, polos gitu orangnya, kayaknya sih baru, dan temen saya ini naksir gitu hahaha ampe 2shot dua kali ama dia. Udahlah ini mah buat hiburan aja xD

Lagi-lagi sudah malam, saatnya pulang. Yah seperti biasa, pulang juga masih cengar cengir tu temen gw haha yah hari ketiga berlalu begitu saja. Heran ya kalau di Jepang waktu terasa cepat berlalu hahaha

Expenses:

  • Breakfast – 250 yen
  • Magnet souvenir from Meiji Shrine – 340 yen
  • Lunch sukiya – 280 yen
  • Maid café shibuya – 1000 yen
  • Snack – 1000 yen

TOTAL:  2870 yen = ~ IDR 287.000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *